oleh

Resmikan Galeri Kopersi dan UMKM, Bupati Konsel Sebut Masyarakat Tak Sendiri Lagi Lakukan Promosi Produknya

ANDOOLO – Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, resmikan Galeri Koperasi dan UMKM sebagai Pusat Promosi dan Informasi yang menyediakan produk-produk unggulan Konsel, hari ini Rabu, (29/11).

Surunuddin mengatakan, keberadaan Galeri ini dapat mendorong produk-produk unggulan masyarakat agar dapat di promosikan, mengingat biaya promosi yang mahal, sehingga Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel berperan menfasilitasi penyebarluasan informasi produk unggulan masyarakat ke pihak pengusaha dan wisatawan.

“Kedepan kita akan perluas pembangunan galeri sebagai pusat promosi dibeberapa tempat seperti di Bandara Haluoleo dan tempat wisata, salah satunya wisata di Namu.Dengan adanya galeri ini dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat, dimana produk-produk unggulan masyarakat disatukan di galeri ini, jadi masyarakat tidak sendiri dalam melakukan promosi produk unggulannya,” ungkap Surunuddin usai meresmikan Galery Koperasi UMKM di Andoolo, Rabu (29/11).

Untuk itu, lanjut Surunuddin, pihaknya selalu mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membuat inovasi terbaik sebagai aktualisasi kinerja yang berdampak pada pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tempat sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Konsel, Muhammad Hisrah menyampaikan pembangunan dan pemanfaatan galeri ini adalah salah satu upaya mewujudkan visi misi bupati yaitu Desa Maju Konsel Hebat.

“Jadi produk-produk unggulan berasal dari masyarakat yang masuk di galeri ini telah melalui proses seleksi dan telah dibina oleh Dinas Koperasi dan UMKM sehingga mutu dan kualitasnya terjamin,” ujar Hisrah.

Lebih lanjut, Hisrah menyampaikan, tujuan pemanfaatan galeri ini sebagai promosi dan memberikan informasi kepada peminat produk-produk unggulan berkualitas di Konsel.

“Untuk itu kami lakukan kerja sama dengan Dinas Pariwisata dalam hal pemasarannya di tempat-tempat wisatawan yang berkunjung di Konsel dapat membawa pulang oleh-oleh atau souvenir dan produk-produk lain khas Konsel,” tutupnya.

Untuk diketahui, ada beberapa produk unggulan Konsel yang telah dinikmati kualitasnya seperti Kain tenun tolaki yang telah masuk nominasi piala citra di Jakarta, pemanfaatan limbah kayu untuk souvenir, produk kripik pisang yang telah lulus uji mutu dan kualitas untuk di pasarkan dan produk Tahu dan Tempe juga telah di pasarkan ke mall-mall.

Reporter: Erlin
Editor: Kardin

Terkini