NEWS

Sejumlah Produk Lokal Hasil Pertanian di Konsel Dipamerkan Kepada Mentan RI SYL

909
×

Sejumlah Produk Lokal Hasil Pertanian di Konsel Dipamerkan Kepada Mentan RI SYL

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN, MEDIAKENDARI.COM – Sejumlah Produk lokal olahan hasil perkebunan kopi dan jahe masyarakat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) diperkenalkan langsung kepada Menteri Pertanian (Mentan) Prof H Syahrul Yasin Limpo (SYL), di Bandara Haluoleo Konsel Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kemarin, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Di hadapan menteri SYL, Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga, didampingi Pj Sekda Hj. St Chadidjah, ketua Kadin Konsel Adi Jaya Putra,Kadis Koperasi dan UMKM Agustiana Melamba, dan Kadis Perindag Saribana, membeberkan keunggulan produk Kopi Tolaki Robusta, Blend Arabika Robusta dan Teh Jahe yang sudah dikemas dan dipasarkan di sejumlah pusat oleh – oleh khas Sultra.

Bupati Konsel dua periode ini menjelaskan, produk olahan jadi dari bahan baku kopi itu sudah siap mendunia. Pasalnya, Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel sudah berkerjasama dengan pihak Bank Indonesia (BI) untuk menjadikan sejumlah desa budidaya kopi sebagai desa devisa klaster kopi yakni produk kopi yang bisa menghasilkan devisa melalui eksport.

Baca Juga : IKA Unhas Sultra Berikan Penghargaan Kepada Gubernur dan Rektor UHO

“Kami sudah mengembangkan budidaya kopi dan saat ini sudah menjadi produk baahan jadi melalui UMKM, bahkan sudah melaunchingnya sebagai penghasil devisa yang siap untuk melayani eksport luar negeri.” terang Surunuddin.

Menurut dia, Pemda Konsel saat ini membutuhkan peran dan bantuan Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Pertanian agar bisa membantu petani berupa bibit kopi untuk perluasan area lahan dengan harapan bisa mengakomodir seluruh permintaan kopi di daerah, lintas provinsi hingga luar negeri.

” Yang kami butuh hari ini peran Pemerintah Pusat, untuk support produk kami dalam pemasaran maupun penyediaan bahan baku,” pintah Surunuddin.

Baca Juga : Zulkifli Hasan Tentukan Nasib Bupati Konawe dan Ketua DPRD Sultra

Menanggapi hal itu, Mentan SYL menyambut baik keinginan Pemda Konsel untuk pengembangan pertanian dan perkebunan khususnya kopi dalam kesempatan ini, SYL lansung memerintahkan Dirjen Perkebunan Bambang MM untuk memberikan bantuannya kepada pemerintah daerah Konsel.

“Bagus ini produk, kalau sudah bisa dipasarkan dan dikemas seperti ini, nanti melalui Dirjen Perkebunan kasih bantuannya,’ sindirnya, sembari memegang produk Kopi Tolaki Robusta dan mengarahkan pandangannya kepada Dirjen Perkebunan Bambang.

Untuk diketahui, sebelum meninggalkan Kota Kendari Mentan SYL ditemani Buapati Konsel menyempatkan diri untuk menikmati sajian kopi khas H. Anto sambil berinteraksi lansung dengan para pengunjung di tempat itu dan selanjutnya menuju Bandara Haluoleo.

 

Penulis: Erlin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page