oleh

Serahkan 706 Sertifikat Tanah, Kery: Kades Harus Berperan Aktif

WONGGEDUKU – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, didampingi Camat Wonggeduku Barat Keny Yuda Permana, dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Konawe Suge, Senin (12/02/2018) siang tadi menyerahkan sebanyak 706 sertifikat tanah kepada ratusan warga Kecamatan Wonggeduku Barat dan Wonggeduku.

Dalam sambutanya kery mengatakan bahwa Program Pengukuran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), merupakan program dari pusat yang diturunkan di daerah melalui BPN Konawe, bekerja sama pemerintah mulai dari kecamatan dan desa.

“Sebenarnya program ini, sama halnya dengan program nasional yang kita kenal dengan sebutan prona. Hanya saja nama programnya saja yang berbeda,” kata Kery.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memberikan sambutannya
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memberikan sambutannya. (Foto: Jaspin)

Olehnya itu, lanjut dia, dengan adanya program nasional ini, tidak ada lagi masyarakat yang sudah tidak memiliki sertifikat. Sebab sertifikat sangat penting dalam kehidupan kita.

“Saya harapkan, khususnya di 2 kecamatan ini tidak ada lagi yang tidak memiliki sertifikat. Sebab sertifikat itu sangat penting, apalagi berbicara masalah legalitas kepemilikan tanah harus ada bukti sertifikat,” harapnya.

Untuk itu, dia juga menghimbau kepada para kades agar betul-betul mendata warganya jika masih ada lagi yang belum memdapat sertifikat, agar secepatnya didata. Sehingga semua masyarakat dapat merasakan dari pada proyek nasional ini.

“Jika masih ada masyarakat yang belum terdaftar agar sabar-sabar dulu.. sebab program nasional ini kan bertahap,” jelas dia.

Untuk itu saya harapkan kepada masyarakat agar secepatnya mendatakan diri ke kades masing-masing desa, untuk memberikan data yang akurat terutama kejelasan status tanah tersebut.

“Harus jelas batas-batasnya dimana, tanah tersebut tidak bersengketa. Dan ini harus betul diperhatikan oleh kades,” tegasnya.

Suasana kegiatan penyerahan sertifikat tanah
Suasana kegiatan penyerahan sertifikat tanah. (Foto: Jaspin)

Sememtara itu Kepala BPN Konawe Suge, menyebutkan ada 4 desa dari 2 kecamatan yang bakal memerima sertifikat tersebut, diantaranya Desa Wawonggole sebanyak 70 setifikat, Desa Waturai 216 sertifikat, Desa Anggadola 96 sertifikat, dan Desa Wonggeduku 324 sertifikat.

Penyerahan sebanyak 706 sertifikat tersebut, kata Suge, merupakan program nasional pada tahun 2017. Hanya saja tahun ini baru selesai dan direalisasikan kepada ratusan masyarakat pada dua kecamatan.

“Sebenarnya tahun 2017 sudah dapat diserahkan. Hanya saja masih banyak kendala dilapangan. Sehingga tahun ini baru bisa diserhlan,” jelasnya.

Ditempat yang sama Camat Wonggeduku Barat Keny Yuda Permana juga sangat mengapresiasi terhadap BPN Konawe, yang telah memberikan sertifikat sebanyak ratusan itu melalui program nasional. Sehingga masyarakat mampu memiliki sertifikat tanah.

“Kita sangat bersyukur dengan adanya program nasional ini, karena dengan adanya program tersebut masyarakat mampu memiliki sertifikat tanpa adanya keraguan lagi terhadap kepemilikan tanah tersebut,” ucap Keny

Reporter: Jaspin

Terkini