Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa

Dukung Baznas, Bupati Konawe Minta Pimpinan OPD Aktif Kumpulkan Zakat dari ASN

Redaksi

KENDARI – Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) meminta pimpinan OPD berperan aktif dalam mengkoordinir dan mengumpulkan zakat, infaq dan shadaqah dari ASN.

iklan KOminfo

Hal tersebut diungkapkan KSK dalam sambutan pengukuhan Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Konawe periode 2019-2024 di Aula Kantor Bupati Konawe, Rabu (4/9/2019).

Digelar berdasarkan SK Bupati Nomor 415 tahun 2019 tertanggal 20 Juni 2019, lima pengurus Baznas yang dikukuhkan yakni Bastaman Djasrun, Yakub Akbar Moita, Marudin, Abd. Salam Toraha dan H. Abd. Malik.

KSK juga menyampaikan, bahwa pengurus Baznas harus proaktif dan bersinergi dengan instansi pemerintah untuk dapat ikut serta mengentaskan kemiskinan di Konawe.

“Diharapkan pengurus Baznas untuk mengedepankan prinsip pemerataan dan keadilan dalam penanganan fakir miskin, sehingga dapat membantu mengurangi masalah kemiskinan di Konawe,” kata KSK.

Menurutnya, butuh kerjasama semua pihak, dalam pengentasan kemiskinan di Konawe. Untuk itu, Ia mengimbau OPD bisa turut berperan aktif dengan mengkoordinir dan mengumpulkan zakat, infaq dan shadaqah dari ASN.

“Dengan potensi yang miliki Baznas dalam mengentaskan kemiskinan, saya optisimis jumlah warga miskin akan berkurang,” ungkapnya.

Selain kemiskinan, kata KSK, dirinya berencana memanfaatkan dana zakat untuk membangun rumah ibadah, serta untuk peningakatan aktifitas ekonomi warga di Konawe.

“Nantinya zakat akan dikembalikan lagi ke masyarakat. Dalam bentuknya yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di satu wilayah pengumpulan zakat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Sultra Andi Muhammad Hasbi Said mengatakan, potensi zakat di Konawe cukup mencapai Rp 600 juta pertahun, dari ASN dan pelaku usaha.

Untuk itu, Ia meminta pengurus Baznas Konawe menjalankan amanah dan tanggung jawab dalam pengelolaan dana untuk menjaga kepercayaan terhadap Baznas.

“Baznas hadir sebagai perpanjangan tangan Pemda untuk menyalurkan bantuan sosial. Karena banyak yang tidak bisa dijangkau, untuk itu Baznas hadir sebagai lembaga yang dapat membantu,” Jelasnya.

Baca Juga:

Hasbi juga memerintahkan pengurus Baznas Konawe yang baru dikukuhkan untuk memperkuat kinerja kelembagaan dan dengan membentuk kepengurusan hingga ke ditingkat kecamatan dan kelurahan/desa.

“Segera membentuk kepengurusan hingga ke ditingkat kecamatan dan kelurahan/desa,” pungkasnya.

Iklan BPKAD
Iklan BLUD Konawe