oleh

Tingkatkan Literasi Baca Kaum Milenial di Daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra Gelar Workshop

-NEWS-88 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tenggara (Sultra) selenggarakan workshop bunda literasi/ duta baca daerah dan penggiat literasi daerah secara virtual di salah satu Hotel Kota Kendari, Kamis 28 Juli 2022.

Kegiatan ini, dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas, Magdalena Harahap.

Magdalena mengatakan, tujuan dilaksanakannya workshop ini adalah amanat Undang-Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Baca Juga : Wali Kota Kendari Bersama Kepala Kanwil VI KPPU Makassar Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok di Pasar Baruga

“Peningkatan pembudayaan kegemaran membaca perlu dilakukan melalui gerakan nasional gemar membaca melalui keluarga dan satuan pendidikan serta masyarakat umum” terangnya.

Lanjut Magdalena, menyikapi situasi perubahan zaman budaya membaca, diharapkan agar budaya baca harus terus tumbuh dan berkembang di kalangan generasi.

“Saat ini bangsa dan generasi milenial yang membutuhkan strategi promosi pengembangan pembudayaan kegemaran membaca,” ucapnya.

Lebih lanjut, Magdalena mengharapkan, melalui program literasi daerah dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan sampai ke tingkat kabupaten/kota serta sampai tingkat desa di seluruh Provinsi Sultra.

Baca Juga : Kalla Toyota Berkunjung ke Kantor Camat Baruga dalam  Program Ditraktir Veloz

“Di perguruan tinggi dan sekolah-sekolah ada duta baca dan duta literasi yang dapat menjadi role model dan inspirasi. Kemudian, dapat membangun motivasi dalam mengoptimalkan peran dan keberadaan perpustakaan,” pungkasnya.

Selanjutnya, Magdalena secara resmi membuka workshop ini, yang dilanjutkan dengan acara penyampaian materi tentatif yang telah diatur oleh panitia pelaksana.

Sebagai informasi tambahan, Pemprov Sultra, telah selesai membangun perpustakaan yang representatif bertarap internasional bagi masyarakat untuk meningkatkan gemar membaca serta dapat mengoptimalkan pengiat literasi duta baca dalam pembudayaannya.

 

Reporter: Sardin D.