NEWS

UHO Dorong Perpustakaan Berbasis Teknologi

782
×

UHO Dorong Perpustakaan Berbasis Teknologi

Sebarkan artikel ini
Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu (tengah) bersama Kepala Perpustakaan, Muhammad Alim Marhadi (Kanan) saat membukan lounching E-Library

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Era zaman moderen yang mengedepankan teknologi saat ini, nampaknya Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Muhammad Zamrun Firihu juga tidak mau ketinggalan dalam memanfaatkan hal tersebut.

Bagaimana tidak, saat ini dirinya sedang mendorong kemajuan Perpustakaan UHO agar dapat berbasis teknologi, yang nantinya bisa lebih memudahkan para pustakawan, baik dosen maupun mahasiswa, untuk mengakses buku pengetahuan menjadi lebih mudah, dengan berbasis teknologi.

Untuk mencapai itu semua, Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, bahwa Perpustakaan nantinya akan dibuat berbasis aplikasi E-Library, yang dapat di download melalui Play Stor.

Baca Juga : Agar Terlihat Cantik dan Tak Kumuh, Disperindag Kota Bau-bau Himbau Pedagang Untuk Tertib

“Namun Ini baru sistem dasar, belum final. Pasti nanti akan dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya, Saat menggelar kegiatan lounching E-LIB dan Workshop Pengelolaan Digital Library UHO, Rabu 31 Agustus 2022.

Lebih lanjut, ia menyampaikan untuk saat ini pihak kampus sedang melakukan pelatihan, kepada admin terlebih dulu dan menyiapkan layanan di dalam aplikasi tersebut. Agar dapat diakses oleh para pustakawan.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UHO, Muhammad Alim Marhadi mengungkapkan, untuk saat ini, ketersediaan buku yang ada di perpustakaan ada sebanyak 72 ribuan yang siap dimasukkan ke dalam aplikasi.

Baca Juga : Kendari Jadi Kota Pertama Terapkan STBM di Sulawesi Tenggara

“Jadi nanti kalau para pustakawan mau cek buku bisa lewat aplikasi E-Library. Tinggal buka saja aplikasinya, baru cek buku judul apa, nanti langsung terbaca secara otomatis,” katanya.

Sedangkan untuk penyiapan aplikasi tersebut agar bisa digunakan, dirinya menargetkan, bisa rampung dalam waktu satu bulan untuk pencatatan nama buku di dalam aplikasi.

Namun terkait untuk melakukan peminjaman buku melalui aplikasi tersebut, ia menyampaikan, hal itu akan menjadi pertimbangan kedepan, sebab untuk saat ini masih berfokus pada pencatatan nama buku terlebih dulu.

Reporter : Muhammad Ismail

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page