NEWS

Wali Kota Kendari Harap ada Peningkatan Pemahaman Seluk Beluk Kebencanaan

457
×

Wali Kota Kendari Harap ada Peningkatan Pemahaman Seluk Beluk Kebencanaan

Sebarkan artikel ini
Sulkarnain saat mengikuti Workshop Mitigasi Bencana (Foto: Istimewa)

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) gelar Workshop Mitigasi Bencana, di salah satu hotel di Kota Palu pada Kamis, (14/07/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh wali kota di kawasan Timur Indonesia, termasuk Kota Kendari.

Baca Juga : Kendalikan Inflasi, BI Sultra Lakukan Upaya Melalui Sektor Pangan

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir usai mengikuti workshop mitigasi bencana tersebut , menyebut workshop ini untuk mengenal seluk beluk bencana dan kemudian dapat digunakan untuk mempersiapkan diri guna mengurangi resiko bencana.

“Workshop yang kami hadiri hari ini sangat berguna bagi kita di Kota Kendari dalam meningkatkan pemahaman atas seluk beluk kebencanaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Kendari ini berharap, usai kegiatan ini daerah Komwil IV dapat semakin bersinergi untuk mengurangi resiko bencana.

Baca Juga : Kalla Toyota Nomor 1 Kuasai Market Share Otomotif Sulawesi dengan capaian 34,1 Persen

“Banyak hal yang kami bahas dalam pertemuan ini, salah satunya merumuskan langkah-langkah strategis dalam upaya mitigasi bencana, dan yang terpenting memperluas sinergi antar kota anggota Apeksi Komwil VI dalam mengurangi risiko bencana,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Strategi Penanggulangan Bencana, Agus Wibowo menjelaskan sebanyak 98 persen bencana yang sering terjadi di Indonesia adalah banjir, banjir bandang, tanah longsor, puting beliung. Dan trend bencana ini dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Baca Juga : Dompet Dhuafa Sultra Salurkan 310 Ekor Hewan Kurban Sapi di 11 Kabupaten Kota

Selain mendengarkan pemaparan dari Direktur Strategi Penanggulangan Bencana, Agus Wibowo, materi presentase juga disampaikan oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Palu; Paradigma Pengelolaan Bencana di Indonesia, Wali Kota Palu; Recovery Palu Pasca Bencana, serta Sesi Brain Storming : Mitigasi dan Sinergitas dalam Mengurangi Risiko Bencana, yang akan disampaikan oleh, Kalaksana BPBD Kota Palu.

Diakhir acara Workshop Pengurangan Resiko Bencana hari ini akan ditutup oleh sambutan Ketua APEKSI Komwil VI, Capt. H. Ali Ibrahim, yang juga merupakan Wali Kota Tidore.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page