FEATUREDKONAWE SELATAN

7000 Peserta Siap Ikut MTQ Tingkat Kabupaten Konsel ke XV

235
×

7000 Peserta Siap Ikut MTQ Tingkat Kabupaten Konsel ke XV

Sebarkan artikel ini

LANDONO – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Konsel ke-XV, yang disaksikan ribuan Kafilah serta masyarakat dari seluruh Kecamatan se-Konsel, bertempat di Lapangan Sepak Bola Desa Tridana Mulya Kecamatan Landono, pada Rabu (24/1/2018).

Pelaksanaan MTQ tersebut diawali dengan pawai Ta’aruf para kafilah perwakilan masing-masing kecamatan yang turut menyemarakkan kegiatan tersebut dan penyerahan Piala bergilir dari Camat Palangga, Abdul Jalil sebagai Juara umum sebelumnya kepada ketua LPTQ, Arsalim Arifin, serta pelantikan Dewan Hakim/ Dewan Juri oleh Surunudin sesuai Surat Keputusannya Nomor: 451.14/007/ Tahun 2018.

MTQ ke XV Tingkat Kabupaten Konsel Tahun 2018 mengambil tema ‘Kita jadikan Al-Qur’an sebagai landasan spiritual untuk membangun kehidupan yang religius’ menuju Desa Maju Konsel Hebat.

Dalam sambutannya, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan, pelaksanaan MTQ tersebut pada hakekatnya untuk membina Ukhuwah Islamiyah untuk meningkatan dan mengembangkan syiar Islam di Konsel, juga menjadikan tonggak dalam rangka membina Qori-Qoriyah untuk lebih berprestasi dan menuju kemandirian, asah bakat dan dapat berprestasi pada level yang lebih tinggi sehingga mengharumkan nama Konsel.

“Disamping itu pelaksanaan MTQ ini bisa menjadi sarana pembelajaran dan evaluasi kemajuan masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang dimulai dari pemahaman
dalam membaca, menulis Al-Qur’an secara baik dan benar,” ungkapnya.

“Akan tetapi yang menjadi lebih penting adalah mendorong seluruh masyarakat secara swadaya dan mandiri untuk melakukan berbagai kegiatan nyata dalam memberantas Buta Aksara Al-Qur’an di konsel,” tambahnya.

Ia juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh kafilah MTQ dari semua daerah di Konsel, juga mengapresiasi kepada semua pihak sehingga dapat melaksanakan kegiatan dengan baik hingga seminggu kedepan.

“Selamat bertanding, saya harap para Qori-Qoriyah benar-benar mencurahkan seluruh kemampuan yang dimiliki sehingga berhasil menjadi jawara yang berkualitas,” kata Surunudin mengakhiri sambutannya.

Sedangkan, menurut Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Konsel, Arsalim Arifin menyampaikan, pelaksanaan MTQ XV tahun 2018 ini dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 31 Januari 2018, dengan 6 cabang yang diperlombakan.

Cabang lomba tersebut yakni, Tilawah Al Qur’an, Tartil dan Qira’ah Sab’ah , cabang Hifzil Al Qur’an sati juz, lima juz, 10 juz, 20 dan 30 Juz, cabang Fahmil Al-Qur’an, tafsir dan syahril, cabang Khattil Qur’an, cabang MMQ, cabang kasidah klasik dan bintang Vokalis, dengan jumlah kafilah kurang lebih 7.000 peserta yang tercatat hadir.

“Adapun jumlah dewan Hakim/ Dewan juri yang dikukuhkan sebanyak 40 orang, terdiri dari para ulama, pemimpin pesantren, Dewan Masjid, Qori-Qoriyah berprestasi dan yang ahli dibidangnya, yang diisi mayoritas dari tenaga lokal,” ujar Arsalim.

“Jadi kita harap lahir para jawara tilawah yang bisa dipersiapkan dan dibina, untuk menghadapi Lomba MTQ Tingkat Provinsi yang jatuh di bulan Maret 2018 mendatang di Kabupaten Buton Utara, dengan target Konsel harus menjadi juara umum,” pungkasnya.

Reporter: Erlin
Editor: Kardin

You cannot copy content of this page