KONAWE SELATAN

Bawa Toa Masjid, Relawan Covid-19 Desa Andoolo Bacakan Maklumat Kapolri Keliling Kampung

528
×

Bawa Toa Masjid, Relawan Covid-19 Desa Andoolo Bacakan Maklumat Kapolri Keliling Kampung

Sebarkan artikel ini
Tim relawan Covid-19 Desa Andoolo mensosialisasikan Maklumat Kapolri ke warga desa menggunakan toa, Jumat 3 April 2020.

Reporter: Erlin

ANDOOLO – Setelah resmi dibentuk pada dua pekan lalu, tim relawan Covid-19 Desa Andoolo, Kecamatan Andoolo, kabupaten Konawe Selatan (Konsel) langsung tancap gas untuk melawan Corona.

Langkah pertama yang diambil sebagai bentuk perlawanan virus tersebut, yakni mensosialisasikan enam poin penting dalam Maklumat Kapolri ke warga Desa Andoolo.

Dengam mengendarai motor roda tiga, dan menenteng sebuah toa masjid, tim relawan Covid-19 berkeliling kampung membacakan maklumat, yang salah satu poin pentingnya dilarang membuat keramaian.

“Kami bacakan maklumat Kapolri sebagai sosialisai pencegahan Corona dan juga mendataan warga yang baru saja datang dari luar kota,” kata Kades Andoolo, Zainal Silondae, Jumat 3 April 2020.

Pilihan untuk menggunakan toa -yang rupanya bukan mencopot dari salah satu masjid, melainkan aset milik desa- ini rupanya cukup ampuh untuk mensosialisasikan Maklumat Kapolri.

Dari pantauan MEDIAKENDARI.com, saat maklumat dibacakan, suaranya menggelegar bak petir di siang bolong. Rumah yang berjarak 20 – 50 meter dari pusat suara dijamin nyaring di telinga.

Selain sosialisasi, giat tim relawan Covid-19 hari ini, yakni melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah warga untuk mengegah mengatasi terjadinya penyebaran Covid-19.

“Penyomprotan disinfektan dimulai dari lingkungan dusun I, dari rumah ke rumah dan tempat umum mulai pukul 08:00 wita,” tambah Zainal.

Ditempat yang sama, Camat Andoolo, A. Makmur Silondae mengimbau masyarakat menjaga kebersihan rumah dan lingkungan dengan menerapkan hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Sesuai surat edaran Pemkab Konsel, warga diminta tetap tinggal dirumah saja dan tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang,” tegas Makmur.

Senada dengan itu, Babinkantibmas Andoolo, Bripka Gulbahar menjelaskan, penyomprotan desinfektan dan sosialisasi pencegahan virus corona itu dilakukan sesuai Maklumat Kapolri.

“Selain penyomprotan kami juga melakukan sosialisasi dan menempel stiker dan pamplet himbauan ke rumah-rumah warga,” tutupnya.

Terlibat dalam giat hari ini Camat Andoolo, A. Makmur Silondae, Ketua Tim Relawan Zainal Silondae, Babinsa Andoolo Serma Yohanes Ramba, dan Babinkantibmas Polsek Andoolo, Bripka Gulbahar, tim medis Dinas Kesehatan Konsel dan BNPB Konsel.

You cannot copy content of this page