oleh

Begini Biaya Transportasi Jamaah Haji yang Ditanggug Pemkot Kendari

KENDARI– Pemerintah Kota Kendari (Pemkot) menanggung biaya perjalanan haji, yaitu transportasi lokal dan makan minum jamaah haji mulai dari Asrama haji kendari sampai di asrama haji ke embarkasi Makassar.

Seperti dikatakan Kepala Bagian Kesra Kota Kendari, Abdul Rauf, untuk biaya transportasi lokal yang ditanggung Pemkot Kendari hanya transfortasi darat dan biaya makan dan minum.

Transportasi lokal yang di maksud yakni, dari asrama haji di Lepo-Lepo ke bandara Halu Oleo, Pemkot yang akan menyediakan kendaraannya sebalik juga dari bandara Hasanuddin Makassar ke asrama haji embarkasi.

“Setelah balik dari tanah suci transit di Makassar menginap satu, dua hari di arama haji embarkasi sampai di Kendari biaya kendaraan, makan minumnya akan ditanggung Pemkot,” katanya saat di temui diruanga kerjanya, pada Selasa (05/06/2018).

Lanjutnya, sesuai udangan-undang no 13 tentang penyelenggaraan jamaah haji Pemerintah daerah (Pemda) wajib menbantu, mempermudah dan memperlancarĀ  jamaah haji kita yang akan berangkat ke tanah suci mekah.

“Jadi ada peran pemerintah dalam sisi perlindungan tapi, yang kita bantu sesuai dengan angaran yang ada, apabila angaran tidak cukup jamaah haji harus menbantu,” ucapnya.

Ia menambahkan, nantinya beberapa pejabatĀ  dari Pemkot Kendaei dan Kemenag akan memantau pelaksaan di asrama haji embarkasi Makassar bagiamana pelayanannya disana terhadap jamaah haji.

“Tanggujawab Pemkot dan Kementrian Agama (Kemenag) Kota Kendari sampai

asrama haji embarkasi Makassar saja setelah itu sudah menjadi tanggunjawab negara,” pungkasnya.


Reporter : Ruslan
Editor : Hendriansyah

Terkini