DaerahMUNA BARAT

BLT Kemensos Untuk Mubar Sudah Bisa Dicek di Kantor Pos

459
×

BLT Kemensos Untuk Mubar Sudah Bisa Dicek di Kantor Pos

Sebarkan artikel ini
Kepala Pos Cabang Kambara, Mubar, La Haeni saat ditemui di kantornya, Kamis, 14 Mei 2020.(Foto: Jul Awal/Mediakendari.com).

Reporter: Jul Awal / Editor: La Ode Adnan Irham

LAWORO – BLT Kemensos sebesar Rp 600 ribu untuk Kabupaten Muna Barat, sebagian telah ditransfer ke rekening masing-masing penerima dan melalui PT Pos Cabang Kambara.

Kepala Pos cabang Kambara, La Haeni yang ditemui, Kamis 14 Mei 2020 mengklaim kiriman BLT Kemensos sudah 1.235 KK.

“Yang sudah masuk itu Barangka baru satu desa yakni Desa Bungkolo, Kecamatan Maginti, Kecamatan Tiworo Selatan, Tiworo Utara, Tikep, Tiworo Tengah, dan Tikep. Dan untuk Lawa baru dua desa yang masuk yakni Latompe dan Latugho. Untuk Sawerigadi belum masuk,” papar La Haeni.

Menurut La Haeni, sesuai juknis untuk mengambil BLT Kemensos di PT. Pos tidak bisa diwakili dan diwajibkan membawa KTP atau Kartu Keluarga.

“Hal ini dikarenakan pada saat dibayarkan otomatis diambil fotonya, karena ada aplikasinya. Bagi yang tidak bisa jalan sama sekali kemungkinan akan kami kunjungi,” jelasnya.

Ia mengaku, untuk menghindari membludaknya warga datang mengambil BLT, pihaknya telah membagikan jadwal setiap Kecamatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial melalui Kasi Penanganan Fakir Miskin Pedesaan, Sarjan menjelaskan dari data penerima BLT Kemensos itu terdiri dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan non-DTKS.

Dari 4.050 total penerima, DTKS 2.272 dan non-DTKS 1.778. Sarjan mengaku untuk data DTKS dan Non-DTKS valid setiap desa sudah bisa diambil di kantor Dinsos Mubar.

“Semua sudah validasi datanya tinggal menunggu saja apakah dananya lewat pos atau di rekening, ” tutupnya.

Kasi Penanganan Fakir Miskin Pedesaan Dinsos Mubar, Sarjan, S. Si (kiri) saat ditemui di kantornya, Kamis, 14 Mei 2020.

Untuk diketahui, PT. Pos Cabang Kambara memiliki wilayah kerja yaitu Kecamatan Lawa, Kecamatan Sawerigadi, Kecamatan Barangka, Kecamatan Tikep, Kecamatan Tiworo Utara, Tiworo Selatan, Tiworo Tengah, dan Kecamatan Maginti. (B)

You cannot copy content of this page