Buaya Muncul, BKSDA Pasang Spanduk Himbauan di Sungai Konaweha

NEWS285 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) merespon adanya kemunculan buaya di permukaan di Sungai Konaweha tepatnya di kawasan penyebrangan Pincara Laosu, Jalan Pasaeno, Kelurahan Laosu, Kecamatan Bondoala, Kabupaten Konawe pada Jumat, 20 Januari 2023.

Pihak BKSDA memasang spanduk himbauan agar masyarakat tidak terlalu mendekati Kawasan sungai tersebut dengan tulisan “ DAERAH RAWAN BUAYA HATI-HATI BERKATIVITAS”

Baca Juga : Gadis Muda ini Tipu Puluhan Warga dengan Modus Investasi Hingga Capai Miliaran

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sultra, Laode Kaida mengatakan, hal itu bertujuan untuk mencegah adanya korban dari kemunculan buaya berukuran besar. Sebab, buaya ini telah menghebohkan masyarakat selama tiga hari terakhir di waktu malam hari.

Sebab berdasarkan dari informasi warga setempat bahwa di Sungai Konaweha itu buaya kerap memunculkan diri ke permukaan, sehingga bukan menjadi hal yang asing lagi di mata masyarakat.

“Makanya kami dari BKSDA Sulawesi Tenggara untuk mengantisipasi atau mitigasi konflik antara manusia dengan buaya, kami memasang himbauan untuk selalu waspada apabila masyarakat melakukan aktivitas di Sungai Konaweha,” ujarnya kepada Mediakendari.com melalui pesan WhatsApp, Senin (23/01/23).

Kaida bilang, berdasarkan pengakuan dari warga bahwa kemunculan buaya dipermukaan hingga sampaikan saat ini belum menimbulkan korban bahkan bisa dikata tidak mengganggu.

Baca Juga : Dance Mix Indonesia Explor Gelar Pelantikan Pengurus ISDMI Prov.Sultra Serta Launching Vol.23

“Selama ini belum ada konflik antara manusia dan satwa, jadi mereka tidak mengganggu dan juga tidak terganggu dengan munculnya buaya itu,” ucapnya.

Namun dirinya tetap memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat agar tetap berhati-hati dalam menjalankan aktivitas di sekitaran Sungai Konaweha, sebab buaya merupakan salah satu satwa hewan buas yang harus diwaspadai.

Reporter : Muhammad Ismail

Facebook : Mediakendari