FEATUREDKONAWE SELATAN

Desa Wawobende, Turut Andil Sukseskan Program “Desa Maju Konsel Hebat”

388
×

Desa Wawobende, Turut Andil Sukseskan Program “Desa Maju Konsel Hebat”

Sebarkan artikel ini

ANDOOLO BARAT – Tak mau ketinggalan dengan desa lain. Pemerintah Desa Wawobende, Kecamatan Andoolo Barat, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) turut andil dalam menyukseskan program pemda mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat.

Kepala desa Wawobende, Kari Basuki, saat ditemui Awak Mediakendari.com, (4/9/2019) memgungkapkan, desa yang dipimpinnya itu dikenal dengan potensi pertanian dan perkebunan jangka panjang. Seperti perkebunan kelapa, nilam dan persawahan.

“Ini merupakan potensi pertanian masyarakat Wawobende yang sedang dikembangkan. Misalkan, seperti kebun kelapa ini menjadi sumber mata pencaharian warga kami,” ungkapnya.

Untuk perkebunan kelapa hibrida sendiri, urai Kades yang telah menjabat 6 tahun ini, luas perkebunannya mencapai 110 hektar.

“Ini rata-rata sudah produksi dan alhamdulillah bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Sementara untuk perkebunan nilam, lanjut dia ini merupakan potensi perkebunan yang juga sementara dikembangkan.

“Warga saya juga memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah dengan berbondong-bondong menanam nilam. Mengingat produksi nilam ini nilai ekonominya cukup menguntungkan bagi perekonomian warga desa Wawobende,” sebutnya.

Sementara untuk persawahan yamg dikembangkan melalui program desa mencapai 7 hektar.

“Produksi beras juga sangat melimpah. Sekitar 7 hektar sawah yang sudah produksi itu masuk dalam program unggulan kita. Ini dilakukan dalam rangka mendukung program Pemda Konsel menuju Desa Maju Konsel Hebat,” imbuhnya.

Ditambahkan, jumlah penduduk desa Wawobende mencapai 511 jiwa dengan jumlah KK sekitar 163. Dengan alokasi dana desa tiap tahunnya mencapai Rp 800 juta. Itu dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan pertanian masyarakat.

“Seperti suplai bibit dan pupuk, itu kita fasilitasi warga dengan sumber dana desa yang diturunkan tiap tahunnya,” tutupnya.(a)


Reporter: Erlin

You cannot copy content of this page