BUTON TENGAHFEATURED

Hadapi Bencana, BNPBD Buteng Salurkan Bantuan Speed Pada Warga Pesisir

163
×

Hadapi Bencana, BNPBD Buteng Salurkan Bantuan Speed Pada Warga Pesisir

Sebarkan artikel ini

LABUNGKARI – Dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana, tanggap darurat atau rescue di daerah di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra), Plt Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) Buton Tengah, Muhammad Yusuf, menyerahkan bantuan Satu Unit Speed jenis Manta, di Pelabuhan Gu, Kecamatan Lakudo, pada Jumat (12/1/2018).

“Bantuan ini diperuntukan buat layanan tanggap darurat atau rescue, pada daerah-daerah perairan karena kita masuk dalam kawasan teluk, bantuan yang diberikan sebanyak satu unit. Sebenarnya kami minta dua unit tapi yang dipenuhi baru unit mungkin satu tambahan lainnya akan diberikan pada akhir tahun,” terang Yusuf.

Yusuf, menambahkan anggaran Satu Unit Speed jenis Manta tersebut mencapai Rp 2,4 miliar dalam bentuk hibah dari BNPB Pusat.

“Ini juga berkat komunikasi yang bagus dari Pak Bupati dengan Deputi Tanggap Darurat dan bagian logistik peralatan BNPB,” jelasnya.

Kapasitas kapal untuk kondisi penyelamatan lanjut Yusuf, dapat mencapai 20 hingga 25 orang. Namun untuk kondisi normal hanya dapat memuat 8 sampai 10 orang.

Ia juga menyampaikan, panjang kapal, 8,5 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 2,5 meter. Speed tersebut merupakan kapal yang digunakan untuk penyelamatan dalam kondisi yang berombak dengan tinggi hingga dua meter. Sementara mesin berjumlah dua unit dengan masing-masing unit berkapasitas 150 PK.

Syukuran Bupati Buteng yang diadaan di dalam kapal. (Foto: Dzabur)

“Kita berharap dengan kapal itu akan merasa aman dan nyaman jika harus berlayar dalam kondisi cuaca yang kurang bersahabat, sesuai semboyan kita tanggap, tangguh dan tangkas,” harapnya.

“Sebelum kapal bantuan diberikan, ada pelatihan yang dilaksanakan untuk tenaga yang mengoperasikan kapal. Ada dua tenaga yang sudah dilatih khusus untuk mengemudi kapal rescue ini. Sementara tenaga yang digunakan adalah masyarakat setempat,” tambah Yusuf.

Tempat yang sama, Bupati Buton Tengah, Samahuddin, berterimakasih atas kerja cepat bawahanya tersebut.

“Saya kira yang seperti ini yang dibutuhkan Pemkab Buteng karena sangat menguntungkan daerah. Saya sangat berterima kasih kepada BPBD Buteng,” katanya.

Reporter: Dzabur
Editor: Kardin

You cannot copy content of this page