Lalonggopi Kini Punya Kolam Renang Alami

Reporter : Taswin Tahang / Editor: La Ode Adnan Irham

KOLAKA – Selain punya wisata air terjun yang masyarakat setempat menamainya Iwoipesu atau air bunyi, Desa Lalonggopi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka juga ada wisata kolam renang alami.

Lokasinya tidak jauh dari desa, kalau ditempuh dengan kendaraan roda dua lima menit sudah sampai. Medannya pun tak sulit, karena hanya melewati jalan setapak yang biasanya digunakan masyarakat setempat untuk ke kebunnya.

Kolam renang tersebut dialiri air jernih nan bersih yang langsung dari mata air pegunungan yang mengalir ke lokasi permandian tersebut, sehingga terasa segar saat menceburkan diri ke air yang berwarna kehijauan.

Wisata permandian Desa Lalonggopi. Kamis, 9 April 2020 Foto : MEDIAKENDARI.cim/Taswin Tahang

Kolam selebar sekitaran 15 meter dan panjang kurang lebih tujuh meter dan dalam mulai dari setengah meter sampai tiga meter tersebut, terbentuk dengan memalang aliran air dengan susunan bebatuan sungai sehingga air tertampung.

Pengunjung, Lijar Suharno menjelaskan permandian ini sudah sejak lama ada, dan mulai ramai kembali sejak beberapa bulan lalu.

“Hampir setiap sore disini ramai orang-orang datang mandi mulai dari anak-anak sampai orang tua juga,” jelasnya, Minggu 5 April 2020.

Wisata permandian Desa Lalonggopi. Kamis, 9 April 2020 Foto : MEDIAKENDARI.cim/Taswin Tahang

Ooo, iya permandian ini biasanya disebut bendungan oleh masyarakat setempat. Penamaan ini sesuai dengan lokasinya karna kolam renang alam ini dibuat di wilayah bangunan bendungan.

Selain bermain air, pengunjung juga dapat menantang adrenalin dengan melakukan lompatan dari beton bengunan bendungan dengan varian ketinggian mulai dari kisaran lima sampai 10 meter.

Wisata permandian Desa Lalonggopi. Kamis, 9 April 2020 Foto : MEDIAKENDARI.cim/Taswin Tahang

Pada lokasi permandian tersebut juga dapat dijadikan lokasi kemping, mancing dan tak lupa sport foto buat akun media sosial. (A)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda