NEWS

Lelang Jabatan Pimpinan OPD di Konawe Selatan Dibuka

5954
×

Lelang Jabatan Pimpinan OPD di Konawe Selatan Dibuka

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) secara resmi mulai membuka lelang jabatan untuk mengisi 14 kursi pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) disalah hotel di Kota Kendari, Selasa 12 Juli 2022.

Lelang jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) itu dibuka langsung Bupati Konsel, Surunuddin Dangga.

“Sesuai amanah undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, maka dalam pengisian JPTP dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan,” kata Surunuddin.

Baca Juga : Momen Hari Raya Idhul Adha, Kejati Sutra Sumbang Delapan Ekor Sapi

Bupati dua periode ini menyebut lelang jabatan dibuka agar pimpinan OPD akan dijabat pejabat definitif guna percepatan pelaksanaan program pemerintahan dan pembangunan daerah.

“Saya menekankan, peserta seleksi mengikuti tahapan yang telah ditentukan oleh panselda dan tim assesor, dan saat ini kita juga sudah dalam pengawasan tim KASN. Curahkan kemampuan, serta tunjukkan kompentensi yang dimiliki, karena kesemuanya menjadi indikator penilaian,” tegasnya.

Ketua Panitia Seleksi Calon JPTP Konsel, St Chadidjah melalui Asisten II, Sahlul merincikan JPTP yang akan diisi dan jumlah peserta seleksi diantaranya Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga 12 peserta, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan 16 peserta, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja delapan peserta.

Baca Juga : Komisi Informasi Sultra Terima Laporan Layanan Bawaslu Tahun 2021

“Kemudian, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tujuh peserta, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah 16 peserta, Kepala Dinas Ketahanan Pangan delapan peserta, dan Kepala Dinas Kesehatan lima peserta,” rincinya.

Selanjutnya Kepala Dinas Perikanan sembilan peserta, Kepala Badan Pendapatan Daerah tujuh peserta, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah sembilan peserta, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang empat peserta, dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan enam peserta.

“Selain 12 OPD tersebut, setelah serangkaian proses administrasi formil maka dibuka pula seleksi dua OPD lainnya yaitu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan sebanyak 17 peserta, dan Inspektur Daerah sebanyak sembilan peserta. Maka secara akumulaitf terdapat 62 orang peserta seleksi terbuka JPTP di lingkungan Pemkab Konsel,” ungkapnya.

Baca Juga : Wali Kota Baubau Segera Lantik Delapan Kepala OPD

Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Agus Sutiadi menambahkan tim asesor yang memberikan penilaian sudah teruji. Pihaknya akan memberikan yang terbaik.

“Ini merupakan tekad mencari yang terbaik demi masyarakat dan daerah, karena jika pejabatnya berkompeten tentunya memberikan dampak positif pada pembangunan daerah khususnya Konawe Selatan,” ujarnya.

Asisten KASN Pengawasan Bidang Pengisian JPT Wilayah 2, Kukuh Heruyanto menjelaskan seleksi terbuka JPTP yang dilakukan ini sudah sesuai ketentuan. “Sekarang masih tahap asesmen center, nanti pihak terkait melaporkan hasilnya. Dan dilanjutkan sampai tahap terakhir. Semua hasilnya akan direkap dan diberikan ranking. Untuk kemudian menjadi acuan PPK (Pejabat Pimpinan Kepegawaian) menetapkan pejabatnya,” tuturnya.

 

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page