Penyerahan bantuan konflik Buton dan bencana alam dari Mensos Agus Guwimang Kartasasmita kepada Gubernur Sultra Ali Mazi. (Foto : Ewit Dinas Kominfo Sultra)

Mensos RI Serahkan Bantuan Rp 3,7 Miliar Untuk Korban Banjir dan Konflik Buton

Reporter : Rahmat R.

Editor : Kang Upi

KENDARI – Menteri Sosial (Mensos) Agus Guwimang Kartasasmita menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada Pemerintah Provinsi Sultra untuk Korban Banjir dan Konflik Buton.

Bantuan yang diterima langsung Gubernur Sultra Ali Mazi, yakni dana sebesar Rp. 3,7 miliar lebih.

“Bantuan untuk konflik Buton 2.193.349.525 dan bantuan untuk bencana alam 1.193.349.625,” kata Agus Guwimang, Rabu (12/06/2019).

Agus Guwimang menjelaskan, bantuan konflik seperti ini pernah dilakukan sebelumnya bagi warga di Luwuk Utara yang menjadi korban baik bencana alam maupun konflik antar masyarakat.

“Bantuan seperti ini pernah kami lakukan di Luwuk Utara. Baik konflik maupun bencana alam,” jelas pria berkacama ini.

Ia juga menyebut, konflik di Buton menjadi perhatian khusus bagi Kementerian Sosial, sehingga dana yang diserahkan jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan bantuan bencana alam.

Rekapitulasi bantuan korban bencana alam dan konflik Buton dari Kemensos RI. Foto : Rahmat R

“Tanpa mengesampingkan bencana alam, kita akan segera memikirkan jalan keluarnya. Sekarang terkait bencana alam kami juga menyiapkan bantuan perlengkapan pengungsi banjir di wilayah Sultra baik Konut, Konawe, Kendari dan Koltim,” tegas Agus.

Sementara itu, dihadapan Mensos, Gubernur Sultra Ali Mazi memaparkan gambaran bencana banjir yang melanda sejumlah daerah di Sultra akibat curah hujan yang tinggi dan luapan sungai yang menenggelamkan rumah warga.

Baca Juga :

“Selain itu, ada beberapa juga jalan rusak, tetapi yang lebih parah adalah Konawe Utara. Kendari juga ada lebih dari 100 rumah terendam. Ini semenjak kita koordinasikan dan kita utamakan bantuan terlebih dulu,” jelas Ali Mazi.

Ali Mazi juga menuturkan, bahwa atas bencana banjir yang melanda jumlah pengungsi saat ini mencapai 5.111 jiwa. Data ini adalah data terupdate sementara dan masih dalam proses pendataan lagi.

Dalam kunjungan kerjanya ini, Mensos Agus Guwimang Kartasasmita didampingi Gubernur Sultra Ali Mazi bersama jajaran juga berkesempatan meninjau lokasi banjir di Kali Wanggu Kendari. (A)