BAUBAU

Pelabuhan Murhum Bakal Terapkan Pass Masuk Elektronik

432
×

Pelabuhan Murhum Bakal Terapkan Pass Masuk Elektronik

Sebarkan artikel ini
Pelabuhan Murhum
Pintu masuk Pelabuhan Murhum

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Pelabuhan Murhum Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal memberlakukan pass masuk elektronik (E-pass) di pintu masuk pelabuhan setelah sebelumnya menerapkan pass masuk secara manual.

“Pemberlakuan e-pass di pintu masuk pelabuhan bertujuan untuk mendata jumlah keluar masuknya kendaraan secara akurat yang terekam melalui sistem komputer,” ungkap Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Baubau, Pradigdo Selasa 28 Juli 2020.

Kata Pradigdo, penerapan E-pass agar menyesuaikan keakuratan data kendaraan yang keluar masuk Pelabuhan Murhum selama ini. Layanan ini akan berlaku bagi semua kendaraan, kecuali pejalan kaki masih tetap secara manual.

Menurut dia, apabila E-paas nanti sudah diterapkan, hal ini akan membantu meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak(PNBP) dari jenis penerimaan pass pelabuhan.

“Yang dimaksud pass pelabuhan adalah biaya yang dikeluarkan saat masuk pelabuhan, bukan biaya parkir. Karena di dalam pelabuhan sudah disiapkan parkir tanpa bayar. Yang dibayar adalah saat masuk pelabuhan karena dalam PP Nomor 15 tahun 2016 itu bunyinya Pass Pelabuhan,” urainya.

Ia juga menerangkan tarif masuk di pelabuhan tidak mengalami kenaikan meski E-pass akan berlaku nanti. Pradigdo menyebut, tarifnya sesuai PP 15 tahun 2016 yaitu untuk Trailer/Truck gandengan Rp 6.500, Truck/Truck Besar Rp 6.000 dan Pic Up, Minibus, Sedan dan Jeep Rp 5.000.

Sedangkan untuk sepeda motor Rp 4.000, tarif Sepeda/Gerobak sebesar Rp 2.000. Untuk penumpang, pengantar/penjemput dan pas orang (harian) sebesar Rp 3.000.

Pradigdo membeberkan pihaknya menargetkan mulai Agustus 2020 E-pass akan berlaku. Saat ini, kata dia, pihaknya masih melakukan training (Pelatihan). Selain itu juga, pihaknya terlebih dahulu membuat surat edaran untuk sosialisasi kepada semua penggiat di Pelabuhan Murhum.

“Petugas yang akan mengoperasikan elektronik pass masih sementara ditraining. Pembayaran pass masuk pelabuhan ada secara harian dan tahunan. Pembayaran tahunan antara lain berlaku bagi perusahaan pelayaran yang rutin keluar-masuk pelabuhan. Mereka yang membayar tahunan akan diberikan sebuah kartu elektronik,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page