Pemkab Busel Siapkan Bukit Lamando Jadi Dataran Tinggi Terbaik Nasional

Reporter : Basri

BATAUGA – Bukit Lamando yang berada di Desa Sandang Pangan Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan (Busel) Sultra, di tahun 2020 ini masuk dalam nominasi objek wisata dataran tinggi terbaik di Indonesia oleh ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel, La Ode Harwanto mengungkapkan, setelah masuknya objek wisata hamparan rumput di ketinggian Rongi itu sebagai 10 besar hasil perangkingan oleh Panitia API 2020 di Jakarta pada pekan lalu.

Maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Busel langsung siapkan segala faktor pendukung lainnya, untuk bersaing dengan 9 daerah lainnya guna menjadikan Bukit Lamando masuk dalam tiga besar hingga merebut posisi pertama kategori objek wisata dataran tinggi terbaik Se Indonesia.

“Karena dalam tahapannya harus rampung pertengahan Juli ini maka langsung kita siapkan semua pendukungnya, seperti dokumentasi budaya-budaya masyarakat, termasuk tarian adat tradisional, pagelaran musik tradisional, pokoknya intinya adalah Bukit Lamando itu bukan hanya dataran tinggi biasa namun sangat menyimpan ragam keunikan budaya dan keunikan lokal masyarakat Rongi,” ucap La Ode Harwanto kepada MEDIAKENDARI.com pada Jumat 10 Juli 2020.

Kata dia, ada tiga tahapan yang harus dilalui untuk masuk menjadi tiga besar yang nantinya akan ditentukan melalui voting atau hasil perolehan polling sms terbanyak. Di mana tahap pertama sosialisasi dan promosi dimulai pertengahan Juli-Desember. Tahap kedua polling sms pada Agustus-Desember. Dan tahap puncak pengumuman pemenang pada awal Februari 2021.

“Jadi untuk kita pada Agustus ini semua sudah ready kita up load kemasan dataran tinggi Bukit Lamando ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Ia menjelaskan masuknya Bukit Lamando dalam 10 besar nominasi API 2020 adalah tidak lepas dari visi-misi Bupati Busel, H. La Ode Arusani yakni menjadikan Buton Selatan unggul dalam pariwisata baik lokal hingga mancanegara. Olehnya, pihaknya meminta agar ajang Nasional ini dijadikan momen paling berharga sebab sekaligus menjadi ajang promosi untuk wisata-wisata lainnya di Buton Selatan.

Dia berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama mengirim SMS sebanyak-banyaknya dalam mendukung Bukit Lamando pada API 2020 dengan cara ketik API (spasi) 10B kirim ke 99386 untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Buton Selatan.

“Jadi mari lah sama-sama kita dukun polling sms yang banyak pada event ini, karena dengan itu Pemerintah Pusat bisa secara serius membantu pengembangan pariwisata daerah kita melalui pengembangan infrastruktur serta sumberdaya kepariwisataan,” tutupnya. (c).

Berikut 10 besar nominasi objek wisata kategori dataran tinggi terbaik di Indonesia oleh ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020:

  1. Bukit Holbung – Kab. Samosir
  2. Bukit Lamando – Kab. Buton Selatan
  3. Fulan Fehan – Kab. Belu
  4. Gunung Boga – Kab. Paser
  5. Gunung Jantan – Kab. Karimun
  6. Kampung Domba Cinyurup – Kab. Pandeglang
  7. Puncak Sempur – Kab. Karawang
  8. Puncak Sosok – Kab. Bantul
  9. Puncak Tempurung Garden – Kab. Sarolangun
  10. Taman Langit Tangkeban – Kota Pemalang
Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total