oleh

Pemkot Baubau Sediakan 74 Sapi untuk Kurban

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menyediakan 74 sapi yang merupakan sumbangan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk pribadi pejabat untuk kurban lebaran Idul Adha 1439 Hijiriyah 2018.

Kabag Kesra Pemkot Baubau, Asmahani mengatakan, jumlah hewan kurban dari Pemkot tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya atau 2017 lalu.

“Tahun lalu cuma 5 ekor sapi. Tapi, tahun ini jumlahnya banyak. Karena, hampir semua SKPD, seluruh camat, kepala sekolah, termasuk Pak Wali Kota dan Sekda,” ucap Asmahani, Selasa (21/8/2018).

Asmahani menerangkan, 74 sapi tersebut akan dikurban di sejumlah titik. Untuk lokasinya, menurut dia, tergantung dengan instansi atau pribadi dari penyumbang hewan kurban.

“Dimana lokasi dan akan dibagi ke masyarakat pesantren atau anak yatim di panti asuhan itu tergantung niat yang berkurban. Kami tidak bisa atur, karena kami di Kesra instansi teknis yang hanya melaporkan ke Kementerian Agama,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pembelian hewan kurban tersebut tidak menggunakan anggaran daerah. Melainkan, anggaran pribadi masing-masing.

“Dananya dari hasil arisan kami, karena ini tidak pakai dana APBD. Kan tidak mungkin berkurban pakai uang kantor,” imbuhnya.

Diketahui, sapi-sapi tersebut berada ditempat karantina hewan dan menunggu jadwal penyembelihan.(a)


Reporter : Ardilan

Terkini