DaerahKONAWE SELATAN

Puskesmas Tinanggea Terapkan Antrean Online

785
×

Puskesmas Tinanggea Terapkan Antrean Online

Sebarkan artikel ini
Suasana Antrean di Puskesmas Tinanggea yang hendak berobat sebelum menggunakan antrean online. Foto: Erlin/Mediakendari.com
Suasana Antrean di Puskesmas Tinanggea yang hendak berobat sebelum menggunakan antrean online. Foto: Erlin/Mediakendari.com

Reporter: Erlin / Editor: La Ode Adnan Irham

TINANGGEA – Puskesmas Tinanggea, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara, kini menerapkan sistem antrean online kepada pasien yang hendak berobat.

Antrean online itu dianggap lebih memudahkan warga memanfaatkan waktu tanpa harus menunggu lama di loket pendaftaran. Karena warga dapat antre dan menunggu di rumah.

Caranya, calon pasien harus mengunduh atau mendownload aplikasi Mobile JKN. Setelah masuk ke aplikasi, pilih menu pendaftaran pelayanan pada fitur utama.

Kemudian memilih antrean FKTP sesuai tempat terdaftar, lalu menuliskan keluhan penyakit. Setelah itu langsung dapat mengetahui nomor antreannya, serta estimasi waktu menunggu.

“Setelah itu tinggal datang dan melapor ke petugas puskesmas tanpa harus lagi melajukan pendaftaran,” kata Kepala Puskesmas Tinanggea, Ilham Hilal ketika ditemui di kantornya, Senin 17 Februari 2020.

Untuk sementara, fitur tersebut dapat digunakan apabila FKTP tempat peserta terdaftar sudah menerapkan sistem antrean online. Aplikasi itu diyakini memberi kenyamanan bagi pasien yang sedang menjalani perawatan.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengapresiasi inovasi tersebut, yang menurutnya penerapan sangat efektif di puskesmas Konsel yang sudah memiliki akses jaringan internet.

“Tentunya dengan mengimbangi kemampuan masyarakat dalam penggunaan teknologi,” ungkap Surunuddin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konsel, dr Maharayu mengatakan, aplikasi tersebut baru terpasang di Puskesmas Tinaggea. Ia mengimbau jajarannya terus berinovasi mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan.

You cannot copy content of this page