oleh

Sinergitas Pengamanan TPS di Dapil 1, Bupati Konawe Siagakan Ratusan Hansip

Editor : Kang Upi

KENDARI – Menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menyiagakan anggota Pertahanan Sipil (Hansip) / Linmas (Perlindungan Masyarakat), sebagai petugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Guna meningkatkan sinergitas dalam pengamanan TPS tersebut, Pemda Konawe menggelar Apel Siaga Pemilu 2019 di Lapangan Sepak Bola Lasandara, Kecamatan Wawotobi, Senin (01/4/2019), yang diikuti ratusan Hansip.

Selain Hansip, turut hadir juga anggota TNI, Polisi, ASN, PTPS, PPK, KPPS, Panwaslu Kecamatan di Dapil 1 Kabupaten Konawe yang meliputi Wilayah Kecamatan Unaaha, Anggaberi, Anggatoa, Wawotobi dan Konawe.

Dalam sambutannya, Kery menjelaskan, kesuksesan Pemilu 2019 di Kabupaten Konawe, khususnya di Dapil I berada di tangan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilu di TPS. Untuk itu, dibutuhkan sinergitas antara Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa, Penyelenggara Pemilu, Panwas, serta petugas keamanan.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat memberikan pengarahan bagi peserta Apel Siaga Pemilu 2019 di Dapil 1 Konawe, di Lapangan Sepak Bola Lasandara, Kecamatan Wawotobi, Senin (01/4/2019).

“Untuk itu, saya meminta semua komponen yang ada di Dapil 1, untuk bersama mensukseskan Pemilu 2019. Jangan ada ego sektoral, dan buktikan jika saudara sekalian sanggup menyelenggarakan Pemilu yang aman, damai dan sejuk,” ungkapnya.

Kery juga memaparkan, di Dapil 1 yang meliputi lima Wilayah Kecamatan tersebut, jumlah TPS-nya sebanyak 184. Sementara itu, untuk jumlah Hansip yang disiagakan sebanyak 386 orang.

“Dapil 1 merupakan Wilayah dengan jumlah Hansip terbanyak. Oleh karena itu, diharapkan bisa berkerja maksimal dalam rangka membantu keamanan dan ketertiban jalannya Pemilu di TPS,” jelasnya.

Bupati Konawe dua periode ini juga menegaskan tugas Hansip di TPS, yaitu pengangkatan kotak suara dari dan ke TPS, pengamanan pertama Tempat Kejadian Perkara (TKP) TPS, pengawalan TPS, olah TKP di TPS.

“Hansip memegang peranan penting di TPS, karena hanya Hansip yang bisa masuk ke dalam area TPS. Sesuai ketentuan yang berlaku, Polisi dan TNI, tidak diperkenangkan berada di dalam area TPS,” terangnya.

Baca Juga :

Dengan ketentuan ini, lanjut Kery, dirinya menghimbau Hansip yang mengemban tugas untuk memastikan berjalannya pemungutan suara, agar selalu menjaga kondusifitas dan keamanan di TPS, di Dapil 1 Kabupaten Konawe.

“Mari kita sukseskan Pemilu 2019 serentak, sukses di Dapil1, sukses di Kabupaten Konawe, maka sukses kita semua,” pungkasnya.

Terkini