DaerahKONAWE SELATAN

Surunuddin Dangga Launching Penyaluran 17.219 Penerima BST Kemensos

323
×

Surunuddin Dangga Launching Penyaluran 17.219 Penerima BST Kemensos

Sebarkan artikel ini
Bupati konsel H. Surunuddin Dangga ST.MM saat melaunching BTS Kemensos di kecamatan Moramo Utara

Reporter: Erlin

MORAMO – Bupati Konawe Selatan H. Surunuddin Dangga melaunching penyaluran 17.219 penerima Bantuan Sosial Tunai (BTS) dari Kementerian Sosial (Kemensos), di tiga kecamatan yakni Kecamatan Moramo, Moramo Utara dan Laonti.

Dengan disetujuinya usulan Pemkab Konsel sebanyak 17.219 KK miskin ke Kemensos, menjadi oase ditengah beratnya kondisi ekonomi warga akibat Pandemi tersebut. Bantuan tersebut merupakan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos.

Bila menilik kuota Provinsi Sulawesi Tenggara yang oleh Kemensos mendapat jatah 150 ribu warga, maka bisa diasumsikan Konsel adalah termasuk yang terbesar dalam hal kuota penerima BST dari 17 Kabupaten dan Kota di bumi anoa.

“Alhamdulillah sebanyak 17.219 warga kita terima BST dari Kemensos RI. Dan ini sudah dapat dicairkan melalui kantor pos juga bank negara,” ujar Surunuddin didampingi Wakil Bupati H Arsalim saat melaunching pencairan BST tersebut di balai Desa Lamokula Kecamatan Moramo Utara pada, Selasa 12 Mei 2020.

Sambung Surunuddin, menjelaskan BTS tersebut dicairkan di kantor pos bukan melalui rekening.

“Dananya sudah masuk. Setiap kepala keluarga bantuannya sebesar Rp 600 ribu,” terangnya.

Menurut Surunuddin bantuan BST dari pemerintah pusat ini cukup meringankan beban masyarakat dan pemerintah daerah dalam penanganan covid 19.

Sehingga, lanjutnya, kekurangan warga penerima pemerintah daerah akan menutupi melalui bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa (DD).

Dikatakannya, bantuan ini cepat karena akurasi data pemerintah daerah yang masuk ke kementerian sosial valid.

Dikesempatan itu, Surunuddin mengimbau agar masyarakat tetap mengindahkan imbauan pemerintah dalam mencegah pandemi Corona. Utamanya dalam menjaga pola hidup sehat.

“Kalau kita mau bebas dari corona maka berawal dari pribadi kita sendiri dan menjaga pola hidup sehat. Dan masyarakatnya harus disiplin,” pungkasnya.

Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial Kabupaten Konsel, jumlah penerima BST masing-masing kecamatan yakni: Kecamatan Andoolo 517 KK, Kecamatan Angata 928 KK, Kecamatan Andoolo Barat 626 KK, Kecamatan Baito 563 KK

Kemudian Kecamatan Basala 346 KK, Kecamatan Benua 618 KK, Kecamatan Buke 915 KK, Kecamatan Kolono 682 KK, Kecamatan Kolono Timur 348 KK, Kecamatan Konda 671 KK, Kecamatan Laeya 1.260 KK.

Selanjutnya Kecamatan Lainea 558 KK, Kecamatan Lalembuu 894 KK, Kecamatan Landono 413 KK, Kecamatan Laonti 766 KK, Kecamatan Moramo 824 KK, Kecamatan Moramo Utara 548 KK.

Serta Kecamatan Mowila 574 KK, Kecamatan Palangga 899 KK, Kecamatan Palangga Selatan 393 KK, Kecamatan Ranomeeto 677 KK, Kecamatan Ranomeeto Barat 422 KK, Kecamatan Sabulakoa 372 KK, Kecamatan Tinanggea 2067 KK dan Kecamatan Wolasi 338 KK.

You cannot copy content of this page