oleh

AMI Ajak Milenial Konawe Tangkal Hoax Dengan ‘Hoax Buster Tools’

Reporter : Indras

Editor : Kang Upi

KONAWE – Komunitas Anak Muda Inspirasi (AMI) mengajak puluhan milenial di Kabupaten Konawe untuk membahas ‘Pemilu Damai Anti Hoax’ dalam agenda bertajuk Ngopi atau Ngobrol Pintar di Mbakoy Caffe, Sabtu (23/3/2019).

Agenda Ngopi ini digelar untuk membangun kesadaran pentingnya penyelenggaraan Pemilu 2019 yang damai tanpa hoax, khususnya bagi pemilih muda dan pemilih pemula.

Hadir sebagai pembicara, Ketua Forum Indonesia Bersatu, Eko Bejo, Relawan Pengusaha Indonesia Maju Provinsi Sultra, Joywan, Pembina Nasional Fortuna, Amar Ma’aruf dan mewakili Milenial Konawe, Ramdan.

Dipaparkan Eko, milenial yakni mereka yang berumur 17 hingga 35 tahun harus produktif dan optimis. Selain itu, harus mengedepankan informasi yang benar, serta mengikuti perkembangan teknologi informasi. Untuk menangkal hoax, kata Eko, saat ini banyak teknologi berbasis aplikasi android yang bisa digunakan, untuk memverifikasi informasi, salah satunya aplikasi ‘Hoax Buster Tools’ untuk pengguna android.

“Kita harus saring informasi yang masuk, harus teliti kebenarannya dan tidak asal share, hindari kebencian, caci maki dan saling menjatuhkan. Pilihan kita boleh berbeda tapi Negara kita tetap Indonesia,” jelasnya.

Eko juga meminta agar milenial menjadi pemilih cerdas yakni dengan melihat track record atau rekam jejak dan program kerja yang ditawarkan calon yang akan dipilih, baik Legiselatif ataupun Presiden.

Sementara itu, Amar Ma’aruf menuturkan bahwa agenda Ngopi penting dilakukan ditengah panasnya suhu Politik jelang Pemilu. Hal itu bermanfaat untuk membangun kesadaran generasi muda agar tidak mudah terkena hoax.

Ia juga menyebut, jika pemilih milenial yakni pemula dan muda mencapai 30 % dari seluruh jumlah pemilih Nasional. Untuk Sultra, terdapat sekitar 300 ribu lebih hampir 400 ribu pemilih milenial.

Baca Juga :

“Dari data ini, bisa diketahui bahwa generasi milenial menetukan masa depan bangsa. Untuk itu, jangan sampai salah memilih. Jadikan Politik sebagai kompetisi sehat. Yang ingin Jokowi atau Prabowo silahkan, keduanya itu putra Indonesia,” tutupnya.

Agenda Ngopi ditutup dengan penampilan Lyla Band, Naga yang membawakan sejumlah lagu yang melarutkan para milenial. (A)

Terkini