BAUBAUDaerah

Dua Warganya Diduga Positif Covid-19, Begini Pernyataan Gugus Tugas Baubau

310
×

Dua Warganya Diduga Positif Covid-19, Begini Pernyataan Gugus Tugas Baubau

Sebarkan artikel ini
ilustrasi

Reporter: Ardilan / Editor: La Ode Adnan Irham

BAUBAU – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Baubau akhirnya angkat bicara setelah beredar kabar disejumlah media sosial jika dua warga di daerah itu diduga positif Covid 19.

Dua warga itu diketahui merupakan seorang wanita berusia 28 tahun berdomisili di Kecamatan Wolio yang baru melahirkan sepekan lalu. Satunya lagi pria berusia 55 tahun, cluster pekerja di salah satu kapal laut yang beralamat di Kecamatan Betoambari.

Anggota Gugus Tugas Covid 19 Kota Baubau, dr. Lukman mengungkapkan dua warga tersebut dinyatakan berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pemantauan (ODP) Covid 19.

Status OTG, menurut dr. Lukman, terjadi pada si wanita. Sementara dari penyelidikan epidemologi yang diperoleh dari pasien tersebut, tidak jelas riwayat kontaknya dengan orang yang positif.

Sesuai prosedur perlakuan terhadap pasien atau OTG dengan hasil Rapid test yang reaktif adalah karantina mandiri, dengan diikuti pemantauan ketat dari petugas surveilans di Puskesmas domisili

“Saya sendiri telah mengecek langsung kondisi ibu tersebut siang hari tadi setelah dilaporkan oleh dokter jaga di RSUD Baubau,” kata dr. Lukman usai rapat bersama di Sekretariat Gugus Tugas Covid 19 Kota Baubau, Rabu malam 15 April 2020.

Sementara untuk si pria itu, dinyatakan berstatus ODP akibat riwayat demam dalam 14 hari terakhir berdasarkan laporan dari petugas surveilance Dinas Kesehatan Kota Baubau.

Kendati pria tersebut telah terklarifikasi sebagai ODP, namun Kamis 16 April 2020, dirinya akan kembali menemui pria tersebut untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

Dalam waktu dekat pula, kedua warga tersebut akan diupayakan pemeriksaan Swab tenggorokan dan selanjutnya dilakukan PCR.

“Tetap waspada, selalu semangat dan tetap saling mengingatkan, serta saling mendukung dalam upaya memutus rantai persebaran Covid-19 di kota ini,” ujarnya.

Menanggapi hal itu Wali Kota Baubau, AS Tamrin mengatakan pihaknya sangat serius dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 di daerahnya.

“Karena itu sebagai kepala daerah, saya mengajak kita semua untuk tetap tenang, tidak panik berlebihan. Namun tetap waspada seraya terus berdoa, agar penyebaran Covid-19 ini segera berakhir agar kita bisa melaksanakan aktivitas sebagaimana biasanya,” tegas AS Tamrin.

Wali Kota dua periode ini juga mengapresiasi kinerja para dokter, segenap tim medis dan paramedis, Bidan, TNI-Polri, Camat, Lurah, serta segenap stakeholder lainnya yang telah mendedikasikan diri dan menjadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran virus itu.

“Saya juga berharap kita semua bersikap arif dan bijak terhadap informasi-informasi yang berkembang di media sosial dan pemberitaan umumnya. Terkait Covid-19, informasi resminya berasal dari Gugus Tugas atau pihak yang secara resmi dipercayakan pemerintah untuk menyampaikannya,” pinta politisi PAN itu.

You cannot copy content of this page