KendariMETRO KOTA

Kapolda Sultra Janji Berikan Perlindungan Bagi Jurnalis

232
×

Kapolda Sultra Janji Berikan Perlindungan Bagi Jurnalis

Sebarkan artikel ini
Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam didampingi Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Golden Hart dan Kabid Propam Polda Sultra, AKBP Agoeng Adi Koerniawan saat berdialog dengan Ketua AJI Kendari, Zainal Ishaq, Kamis (24/10/2019) siang

Editor : Kang Upi

KENDARI – Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Merdisyam berjanji akan memberikan perlindungan bagi jurnalis saat menjalankan aktifitas dan kerja jurnalistik.

Pernyataan itu disampaikan Brigjen Pol Merdisyam dihadapan puluhan jurnalis, saat menyambangi Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kendari, Kamis (24/10/2019) siang.

“Saya menjamin rekan-rekan sekalian, karena saya tau tugas rekan-rekan sekalian berdasarkan undang-undang, tugas rekan-rekan sekalian bukan tugas yang tidak ada dasarnya,” tegas Merdisyam.

Penegasan tersebut sendiri, merupakan respon adanya tindak kekerasan yang diduga dilakukan aparat kepolisian terhadap Sembilan jurnalis, saat meliput aksi demonstrasi di Mapolda Sultra pada, 22 Oktiber 2019 kemarin.

Baca Juga :

“Saya juga akan mengecek dan mendalami masalah ini, karena kasus ini saya baru tau juga sekarang, tentunya ini menjadi evaluasi bagi saya dan jajaran saya,” tambahnya.

Merdisyam juga meminta agar para jurnalis melaporkan sekira mengalami tindak kekerasan, baik kepada dirinya secara langsung ataupun melalui Bidang Humas dan Bidang PROPAM.

“Kalau ada hal-hal yang seperti itu, silahkan rekan-rekan hubungi saya atau hubungi Pak Harry (Bid Humas) atau ke Pak Agoeng (Bid Propam),” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua AJI Kendari, Zainal Ishaq menyampaikan kepada Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam, bahwa kekerasan terhadap jurnalis harus menjadi perhatian khusus, karena terus teruang.

“Sepanjang catatan AJI, peristiwa kekerasan yang menimpa jurnalis terus terulang, bahkan ada beberapa kasus diantaranya yang masih bergulir di ranah hukum, kami minta ini menjadi perhatian Kapolda, agar bisa diminimalisir,” kata Zainal.

Dalam kunjungannya ke Sekretariat AJI Kendari, Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam didampingi Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Golden Hart dan Kabid Propam Polda Sultra, AKBP Agoeng Adi Koerniawan.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, sejumlah pengurus AJI Kendari serta puluhan jurnalis dari media cetak dan daring di Kota Kendari.

You cannot copy content of this page