BAUBAUDaerah

Kepala Kemenag Baubau: Jangan Jauhi Rumah Ibadah

334
×

Kepala Kemenag Baubau: Jangan Jauhi Rumah Ibadah

Sebarkan artikel ini
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau, Rahman Ngkaali
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau, Rahman Ngkaali

Reporter: Ardilan / Editor: La Ode Adnan Irham

BAUBAU – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau, Rahman Ngkaali meminta umat beragama tetap melaksanakan ibadah di rumah ibadah, meski masyarakat saat ini tengah menghindari wabah virus Covid 19.

“Masyarakat agar tidak menjauhi dan meninggalkan rumah ibadah. Khusus bagi warga muslim tetap melaksanakan shalat berjamaah di Masjid, baik untuk shalat lima waktu maupun shalat Jumat,” ucap Rahman Ngkaali, Jum’at 20 Maret 2020.

Kata dia, Kemenag justru mengimbau umat beragama selalu dekat dengan rumah ibadahnya, meski adanya imbauan untuk menghindari kegiatan yang mengumpulkan orang banyak.

Ia mengaku, pihaknya juga tetap melaksanakan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung Kota Baubau.

“Hari minggu Insya Allah tetap jadi (Isra’ Mi’raj). Karpet mungkin kita gulung sebagai upaya sterilisasi tempat shalat. Tapi tergantung pengurus masjid nanti. Jika tidak kita sampaikan jamaah agar membawa sejadah masing-masing,” ujarnya.

Menurut dia, Kota Baubau yang masih terbilang aman dari penyebaran, sehingga aktivitas shalat berjamaah masih tetap terlaksana disetiap masjid.

Ia juga tak menyangkal jika sebelumnya MUI mengeluarkan fatwa yang salah satu isinya meniadakan shalat Jumat berjamaah di Masjid dan digantikan dengan shalat dhuhur di rumah masing-masing.

“Cuma kondisi itu berlaku bagi daerah yang tingkat penyebarannya sudah sangat tinggi dan banyak terkonfirmasi positif corona. Tapi itu dalam posisi darurat dengan syarat kalau dimana-mana sudah terpapar corona,” terangnya.

Untuk upaya pencegahan, Rahman menjelaskan agar umat selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Ia juga mengimbau tidak ketakutan berlebihan terhadap virus Corona.

Sebab selaku umat Muslim, secara pribadi ia menilai virus Corona juga merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang mana semua dikendalikan oleh-Nya (Allah SWT).

Saran lainnya khusus umat Muslim, kata dia, agar membudayakan memperbaharui wudhu setiap saat, Shalat, bersalawat serta mengaji, lalu bertawakal kepada Allah SWT.

“Sampai saat ini pelayanan di kantor Kemenag Baubau masih tetap berjalan sebagaimana biasa, termasuk pengurusan nikah dan jamaah haji,” imbuhnya.

You cannot copy content of this page