DaerahMUNA BARAT

Lawan Corona, Pemda Mubar Gelontorkan Rp 14 Miliar Lebih

141
×

Lawan Corona, Pemda Mubar Gelontorkan Rp 14 Miliar Lebih

Sebarkan artikel ini
Bupati Mubar, LM Rajiun (tengah) saat apel siaga di Kantor Bupati, Senin 13 April 2020. Foto: Jul Awal/Mediakendari.com

Reporter: Jul Awal / Editor: La Ode Adnan Irham

LAWORO – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menggelontorkan duit sebanyak Rp 14 Miliar lebih untuk menangani masalah Virus Corona.

Hal itu diungkapkan Bupati LM Rajiun saat menggelar apel siaga melawan covid-19 di halaman Kantor Bupati Mubar, Senin 13 April 2020.

Dikatakannya, pandemi corona merupakan isu global yang menyebar dengan cepat, sehingga diperlukan penanganan serius.

Ia mengaku, sebelumnya Pemda Mubar telah melakukan langkah-langkah pencegahan covid-19. Langkah yang dilakukan pihaknya sesuai instruksi pemerintah pusat baik instruksi presiden, edaran Mendagri, maklumat Kapolri dan maklumat MUI.

Dijelaskannya, pencegahan yang dilakukan adalah penyemprotan disinfektan, penjagaan posko kewaspadaan covid-19 di setiap perbatasan, penyediaan alat cuci tangan di setiap tempat baik instansi pemerintah dan tempat pelayanan umum, pengawasan pergerakan orang yang masuk di wilayah Mubar.

“Kalau dua minggu diam diri di rumah, jaga jarak, menerapkan pola hidup sehat, cuci tangan setiap lima menit, insya Allah tidak ada (corona) di Muna Barat,” tandasnya.

“Kemudian di desa juga sudah diformulasikan juga dalam anggaran APBDes untuk covid-19,” jelasnya.

Ia juga menegaskan kepada semua Kades agar bekerja semaksimal mungkin dalam mencegah dan menangani kasus ini.

“Nanti ini akan dilakukan senin kamis (penyemprotan disinfektan). Saya berharap semua diratakan penyemprotan di semua rumah, karena ini instruksi ya, ” tegasnya. (B)

You cannot copy content of this page