BAUBAU

BLT Kemensos Mulai Disalurkan ke Baubau

273
×

BLT Kemensos Mulai Disalurkan ke Baubau

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi penyaluran BLT. Ist

Reporter: Ardilan

BAUBAU – Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial (Kemensos). BLT tersebut untuk warga yang terhimpit ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Baubau, Abdul Rajab mengatakan ada 6.045 KPM di Kota Baubau, dimana data penerima BLT ditentukan Kemensos.

Sejauh ini sudah lebih dari 1.000 KPM yang menerima BLT berdasarkan validasi data yang dilakukan Kemensos.

“Belum semuanya (Menerima BLT) tapi sebagian sudah (Disalurkan). Warga yang mendapat bantuan sudah dihubungi oleh pendamping BLT kami agar diarahkan ke bank BNI 46 dan BRI,” ucap Abdul Rajab, Rabu 6 Mei 2020.

Setiap KPM menerima Rp 1,8 juta untuk tiga bulan terhitung sejak April hingga Juni 2020 dimana setiap bulan Rp 600 ribu. Penyaluran pun tidak secara langsung tetapi melalui Bank yang ditunjuk pemerintah.

Dia juga menjelaskan, data peneriman BLT sudah melalui dua kali validasi. Pertama divalidasi Dinsos kemudian divalidasi ulang Kemensos.

Abdul Rajab menyebut, KPM yang datanya sudah divalidasi Kemensos sudah bisa mencairkan BLT.

“Belum semua KPM datang ke bank. Karena itu pendamping kami sementara menghubungi para KPM ini untuk segera ke bank,” imbuhnya.

You cannot copy content of this page