DaerahKONAWE SELATAN

Satu PDP di RSUD Konsel Positif Corona

333
×

Satu PDP di RSUD Konsel Positif Corona

Sebarkan artikel ini
Data terbaru gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Konawe Selatan

Reporter: Erlin

ANDOOLO – Hasil swab test Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dirawat di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konsel dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Hal itu dibenarkan Juru bicara (Jubir) gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Konsel, Annas Mas’ud saat dikonfirmasi mediakendari.com melalui whatsAppnya pada, Kamis 30 April 2020.

“Kondisi pasien positif saat ini cukup stabil dan masih dirawat di RSUD Konawe Selatan,” ucap Annas.

Lanjut Annas, kronologis penyakit pasien NA (inisial) yang berusia 20 tahun asal Desa Kosebo, Kecamatan Angata itu, 22 April 2020 dilakukan pemeriksaan rapid test dan hasilnya positif.

“Yang bersangkutan kuliah di Makassar, sebelum pulang ke Kendari pada tanggal 13 April 2020 singgah ke rumah tantenya di Maros, pada itu yang bersangkutan sudah mulai mengalami gelaja demam, batuk, dan perasaan sesak. Kemudian pada tanggal 14 April 2020 pasien pulang ke kendari bersama dengan saudaranya inisial SH usia 22 tahun,” terangnya.

Kadis Kominfo ini, mengatakan pasien tiba di Desa Kosebo dalam keadaan sakit. Tanggal 15 April 2020 puskesmas Motaha melaksanakan pemantauan terhadap pasien dan kakaknya SH.

Pada saat pemantauan yang bersangkutan dalam keadaan batuk dan perasaan sesak, namun tidak tampak gejala pneumonia. Sedangkan saudaranya atas nama SH tidak menunjukkan gejala dan dianjurkan isolasi mandiri.

Tanggal 22 April 2020 jam 14.49 wita dilakukan pengambilan sampel darah kepada yang bersangkutan. Jam 17.01 wita diketahui hasil dari rapid test yang bersangkutan adalah Positif.

“Pada saat pengambilan sampel darah, bapak yang bersangkutan keluar dari dalam rumah dalam keadaan batuk. Bapak yang bersangkutan memiliki riwayat penyakit bronkhitis,” ungkapnya.

Kata Anns, pasien tersebut tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar dan sehari-hari pasien aktif sebagai pengurus masjid ditempat tinggalnya sekaligus tinggal di mess masjid tersebut di daerah gunung sahari Makassar.

“Kemudian Pasien tersebut dirujuk ke RSUD Konsel pada tanggal 23 April 2020, status pasien naik menjadi PDP. Pasien di lakukan pemeriksaan swab tenggorokan pada tgl 25 april 2020 di RSUD konsel dan sampel dikirim ke labkesda Makassar,” paparnya.

Sementara tanggal, 28 april 2020, dilakukan pemeriksaan Rapid Test terhadap ayah dan kakak pasien dan hasil non reaktif (negative).

” Hari ini tanggal 30 April 2020 pukul 10.21 wita, kami menerima hasil lab.covid 19 pasien NA dengan hasil pemeriksaan PCR positif (metode Real Time- PCR),” bebernya.

Keterangan dari pasien sebelum pulang, sempat kontak dengan temannya yang tinggal di daerah Samattta Gowa dan teman tersebut dalam kondisi demam, batuk dan flu. Teman pasien tersebut menginap bersama pasien di mess masjid selama beberapa hari kemudian pulang kembali ke Samatta Gowa.

You cannot copy content of this page