oleh

Tinjau Banjir Konawe, Kepala BNPB: Akan Kita Pikirkan Skema Bantuan Rumah Untuk Korban

Redaksi

KENDARI – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) RI, Letnan Jenderal Doni Monardo bersama tim Komisi VIII DPR RI dan Gubernur Sultra Ali Mazi dengan didampingi Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengunjungi korban banjir di Desa Ahuawatu Kecamatan Pondidaha Kabupaten Konawe, Minggu (3/6/2019).

Selain mengunjungi korban, Letjen Doni Monardo juga hadir untuk memberikan bantuan bagi penanganan korban bencana banjir yang diserahkan melalui Pemda Konawe.

Letjend Doni Monardo menjelaskan, atas musibah yang melanda Konawe dirinya meminta masyarakat untuk bersabar, serta agar menjalani masa pengungsian dengan tetap menjaga kondisi kenyamanan serta silaturahmi antar warga.

“Menjaga kebersihan, ketertiban dan tidak boleh ada persoalan baru yang muncul saling menjaga dan menghargai antar warga, agar semua bisa nyaman meski tinggal di pengungsian,” kata Letjend Doni Monardo.

Ia juga menuturkan, BNPB saat ini tengah memikirkan rencana pembangunan hunian bagi korban bencana yang mengalami kerusakan rumah. Namun, untuk rencana ini, baru akan diputuskan dalam rapat.

“Kira masih pikirkan skemanya, apakah sifatnya hunian sementara atau langsung ke rumah yang nanti dibantu oleh pemerintah, ini baru diputuskan setelah rapat di Jakarta,” ujarnya.

Dipaparkan Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Penyiapan Sumber daya, Direktorat Kesiapsiagaan BNPB, Edy Suryawan Purba, untuk bantuan yang diberikan BNPB kepada Pemda Konawe yakni berupa dana siap pakai sebesar Rp 987 juta lebih.

Dana tersebut, kata Edy, untuk operasional posko, pemenuhan kebutuhan dasar. Selain itu, ada juga bantuan logistik dan peralatan senilai Rp 1,1 miliar lebih.

Baca Juga :

“Kami menilai banjir di Konawe cukup parah, olehnya itu kami mengirimkan bantuan sebagaimana yang diserahkan kepala BNPB,” tambahnya.

Ia berharap banjir di Konawe segera surut sehingga aktifitas masyarakat bisa kembali pulih, khususnya aktifitas ekonomi seperti pasar dan kegiatan perdagangan masyarakat lainnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Komisi VII DPR RI Ali Taher menuturkan jika banjir yang melanda Kabupaten Konawe merupakan ujian dari Allah SWT untuk masyarakat Konawe.

“Kami hadir di Konawe untuk ini untuk memberikan bantuan, sebesar Rp 2 miliar. Ini merupakan bukti jika DPR dan Pemerintah bisa bersama untuk membantu warga,” ungkap Ali Taher.

Baca Juga :

Sementara itu, Gubernur Sultra Ali Mazi menjelaskan, setelah dirinya mendapatkan informasi adanya bencana di Konawe, Konut dan Koltim, serta Konsel maka langsung diperintahkan BPBD untuk memberikan bantuan.

“kita juga langsung mengirim apa yang menjadi kebutuhan, jadi kita tidak lagi menunggu, tapi hari itu juga langsung kita turunkan termasuk yang ada di Konawe Utara,” jelas Ali Mazi.

Ia juga menjelaskan, dalam kunjungan pertamanya yang dilakukan sepekan lalu, dirinya telah meninjau berbagai sarana yang tengah rusak seperti bendungan, dan jembatan.

“Untuk bendungan dan jembatan rusak, tahun depan sudah akan dibangun kembali. Dan jika masih ada kekurangan silahkan Bupati menghubungi Gubernur, karena kita ada tanggap darurat, kami punya segalanya untuk membantu masyarakat,” tegasnya.

Terkini